Articles > Ramalan Ekonomi

Ramalan Ekonomi

Jakarta, 21 Maret 2008



Dalam sebuah kesempatan saya siaran di salah satu Radio Bisnis Jakarta saya ditanya tentang bagaimana kondisi ekonomi Indonesia kedepan ditambah dengan keadaan sekarang yang semua seakan menjerit sangat kencang dari mulai harga bahan pokok yang semakin melangit, ditambah pengangguran yang semakin melebar, kemudian tidak mampunya pemerintah membuat satu kesejahteraan terhadap rakyatnya.

Seperti yang sudah saya pernah utarakan di akhir tahun 2007 lalu diberbagai kesempatan baik di media cetak, media elektronik saya sudah membuat satu forecasting terhadap kondisi ekonomi Indonesia di tahun 2008 ini secara keseluruhan saya waktu itu melihat bahwa kita memang akan banyak mengelus dada di tahun 2008 ini sebab kita akan menghadapi satu kesulitan ekonomi yang menglobal harga minyak mentah yang akan sangat menjulang tinggi dan efeknya kita akan sulit mendapatkan harga yang pas buat kebutuhan kita sehari-hari sementara pendapatan orang banyak tidak bertambah naik namun harga disemua lini akan menjulang sangat tidak terkontrol.

Kemudian saya juga membuat satu peramalan bahwa kita ditahun 2008 ini semua lapisan akan sulit mendapatkan rejeki dalam pengertian untuk mendapatkan uang sangat begitu sulit kita akan benar-benar merasakan mengahadapi satu situasi yang serba salah maju kena mundur pun kena, sebuah dilema yang tentunya mengkhawatirkan. Mungkin kita masih akan melihat satu pertumbuhan ekonomi yang secara makro akan masih cukup tinggi namun kalau kita bicara ekonomi mikro dengan skup ekonomi kerakyatan kita akan sangat miris melihat keadaan bangsa ini kita kedepan akan semakin melihat orang kelaparan, busung lapar yang meluas, kemudian kita juga akan melihat pengangguran yang semakin meluas, ditambah banyaknya perusahaan yang berguguran.

Namun dari sekian hal yang terjadi dengan kesedihan di negeri ini banyak akhirnya orang bertanya kepada saya lalu apa yang bisa kita lakukan untuk kita bisa menyiasati zaman yang begitu sulit seperti sekarang ini ? Jawabnya adalah perbaiki Bathin, loh apa hubungannya ? Semua orang yang saya beri jawaban tersebut sontak bertanya sama. Iya bathin itu pusatnya kekuatan manusia, bathinlah yang menggerakan kebenaran, membangkitkan satu motivasi luar biasa buat kita untuk bisa melakukan hal yang lurus dan terpuji. Bathin pula yang menggerakkan otak serta pikiran kita untuk bisa mebuat satu inovasi serta karya menghadapi satu kesulitan besar dalam hidup.

Jadi perbaikan segalanya diperlukan satu bathin yang bersih dan terpelihara sehingga kita semua bisa terhindar dari prilaku korupsi kemudian memperkaya diri sendiri, dengan bathin yang bersih kita bisa menjadi pemimpin yang mengayomi rakyatnya yang mendengarkan keluhannya tidak hanya sampai ke kupingnya namun memperlihatkannya dengan sebuah hal yang nyata. Dan setiap apa yang kita lakukan di mulai dari niat dan nawaitunya dan itu semua ada di dalam bathin kita sendiri.

 









 

© 2008 FeriPurwo.com. All rights reserved. Privacy Policy · Terms of Use